Minggu, 12 Agustus 2012

Tugu Khatulistiwa

Pontianak merupakan kota yang indah, penuh dengan fenomena
salah satunya adalah hari tanpa bayangan yang bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar selama 2kali dalam setahunnya, dimana kejadian itu terjadi pada saat titik balik matahari dimana matahari tepat di atas kepala kita. Dan kejadian ini pun berlangsung dengan begitu cepat bahkan hanya beberapa detik.
Tugu Khatulistiwa adalah tempat dimana kejadian ini terjadi setiap tahunnya (21-23 maret dan 21-23 september), tepat di garis lintang 0 derajat.


selain sebagai lambang kota Pontianak, Tugu Khatulistiwa merupakan salah satu tempat pariwisata di kota Pontianak. bangunan yang berada di Pontianak Utara ini juga merupakan taman kota, tempat nongkrong anak muda dikala sore hari dan pagi hari banyak yang dari mereka hanya berjalan dan ada pula yang berolahraga disana. Selain itu Tugu Khatulistiwa juga merupakan tujuan utama para wisatawan karna dari tugu ini juga kita bisa melihat panorama alam lainnya seperti sungai kapuas.


namun sayang seribu sayang, sungai yang merupakan sengai terpanjang di Indonesia tersebut mulai tercemar sehinnga tidak jarang bagi kita melihat sampah.
kembali lagi ke Tugu, bangunan yang didirikan pada tahun 1928 ini merupakan tempat bermain saya semasa kecil, beranjak ke masa SMA pun saya juga sering bermain di sini sepulang sekolah memang SMA saya tidak terlalu jauh dari lokasi ini, tepat di depan tugu ini ada sebuah gang dan di dalam gang tersebut ada sebuah sekolah tempat dimana saya menghabiskan masa putih abu-abu
sekian dari saya, silahkan berkunjung ke tugu Khatulistiwa (Equator Monument)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar