Minggu, 01 Maret 2015

Bukit Jamur "Pesona Atas Awan Negeri Sebalo"

Bicara soal alam kalimantan pasti tidak ada habisnya. Dikesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman pertama saya mendaki sebuah gunung, Gunung Batu namanya atau lebih populer dan familiar disebut "Bukit Jamur". Bukit Jamur sendiri adalah sebuah bukit yang terletak di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Untuk ke kaki bukit ini tidak perlu waktu yang lama hanya sekitar 15 menit dari pusat Kota Bengkayang atau sekitar 4-5 jam perjalanan darat dari kota Pontianak baik menggunakan roda dua maupun roda empat atau bahkan roda seribu sekalipun (itu pun kalo adelah, hahaha).

Sebelum menuju ke kaki bukit yang terletak di Desa Blanko ini kita terlebih dahulu harus melalui jembatan gantung yang dibawahnya di aliri sungai sebalo. Setelah sampai di kaki bukit kita dapat menitipkan kendaraan kita di rumah penduduk baru selanjutnya kita melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak yang biasa digunakan warga saat pergi berburu maupun berladang. Adapun waktu yang kita perlukan untuk mendaki hingga ke puncak sekitaran 1-2 jam.

jembatan Gantung yang dilalui air sungai sebalo dibawahnya





















Perjalanan saat mendaki ke Puncak Bukit Jamur

Berikut ini adalah beberapa foto yang berhasil kami ambil di puncak bukit jamur:




adapun perlengkapan yang perlu dipersiapkan saat melakukan pendakian adalah sebagai berikut:
1. Perlengkapan camping seperti tenda, lampu penerangan dll
2. Pakaian ganti seperlunya
3. Makanan instan dan perlengkapan masak jika perlu
4. Jas hujan (takot hujan, kalo hujan payah nak keluar kencing nnti basah)
5. Perlengkapan ibadah (biar pun liburan jangan lupa untuk berdoa)
6. dan yang terakhir mungkin fisik dan jaga jesehatan

 dan yang terakhir jaga kebersihan alam kita, jangan lupa bawa turun sampah kita serta jangan jadikan alam yang indah sebagai tempat mesum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar