Sabtu, 22 Februari 2020

Manfaat dari Si Hijau Kecil yang Berasa Asam


Siapa sih yang gak kenal dengan buah kecil yang berwarna hijau dan berasa asam ini? Ya, buah berwarna hijau dan mempunyai rasa asam ini adalah jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan buah yang memiliki aroma yang segar sehingga sangat sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam membuat berbagai jenis makanan dan minuman.

Buah yang memiliki nama latin Citrus aurantiifolia ini termasuk kedalam keluarga Jeruk dimana memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Berdasarkan data Tabel Komposisi Pangan Indonesia (TKPI) tahun 2017, dalam 100gr jeruk nipis terkandung 20 mg vitamin C. Tidak hanya vitamin C, jeruk nipis juga mengandung zat gizi lainnya yang penting bagi tubuh yaitu vitamin B1, B2, B3, Zat Besi, Fosfor, Kalsium, Zink, serat dan zat gizi lainnya.
Karena mengandung banyak zat gizi yang sehat, maka tak heran jika jeruk nipis memiliki berbagai jenis manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah tujuh manfaat dari jeruk nipis :

      1.      Mencegah kerusakan sel tubuh
Jeruk nipis mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel di tubuh, yang bisa menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit berbahaya, seperti kanker.

      2.      Meningkatkan daya tahan tubuh
Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C, yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu vitamin C juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

      3.      Baik untuk kesehatan kulit
Vitamin C pada jeruk nipis sangat baik untuk menjaga kulit tetap kencang. Jeruk nipis juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.

      4.      Mengurangi risiko sakit jantung
Jeruk nipis dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga dapat mengurangi faktor risiko utama penyakit jantung. Selain itu, mengonsumsi jeruk nipis juga dipercaya dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

      5.      Bantu cegah batu ginjal
Asam sitrat pada jeruk nipis dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Bahkan, orang yang rutin mengonsumsi buah-buah sitrus seperti jeruk nipis dan lemon, berisiko lebih rendah mengalami gangguan batu ginjal.

      6.      Meningkatkan penyerapan zat besi
Konsumsi makanan yang tinggi vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi. Zat besi sendiri sangatlah penting untuk tubuh karena dibutuhkan untuk mencegah terjadinya anemia defisiensi besi.

      7.      Membantu penurunan gula darah
Sebagai buah yang kaya akan vitamin C, jeruk nipis dianggap baik untuk para penderita diabetes karena jeruk nipis merupakan bahan makanan yang indeks glikemiknya rendah, dan dapat membantu tubuh dalam mengatur penyerapan gula dalam darah.

1 komentar: